Minggu, 24 Januari 2010

nitip

Sinyal kereta api
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sinyal keluar mekanik di Stasiun SemutPersinyalan kereta api adalah seperangkat fasilitas yang berfungsi untuk memberikan isyarat berupa bentuk, warna atau cahaya yang ditempatkan pada suatu tempat tertentu dan memberikan isyarat dengan arti tertentu untuk mengatur dan mengontrol pengoperasian kereta api

Daftar isi [sembunyikan]
1 Jenis sinyal kereta api
1.1 Sinyal mekanik
1.2 Sinyal mekanik dengan blok elektro mekanik
1.3 Sinyal listrik
2 Penggunaan jenis sinyal
3 Lihat pula
4 Pranala luar


[sunting] Jenis sinyal kereta api

Sinyal mekanis
Sinyal listrik dua aspek (Merah dan Hijau)Jenis sinyal pada perkeretaapian digolongkan dalam:

[sunting] Sinyal mekanik
Adalah perangkat sinyal yang digerakkan secara mekanik, disini ada papan/lengan instruksi yang dinaikkan dan diturunkan untuk memberi perintah kepada masinis kereta api. Sistem ini masih digunakan di Indonesia pada lintasan dengan frekuensi yang rendah namun mulai ditinggalkan dan digantikan dengan sistem yang lebih modern.

[sunting] Sinyal mekanik dengan blok elektro mekanik
Hampir sama dengan sinyal mekanis namun lengan isyarat dinaikkan dan diturunkan dengan perangkat elektro mekanis.

[sunting] Sinyal listrik
Sinyal listrik adalah isyarat lampu seperti halnya lampu lalu lintas untuk mengatur jalan tidak jalannya kereta api.

Pada sistem persinyalan elektrik warna lampu :

menunjukkan indikasi tidak aman (warna merah), sehingga kereta api harus berhenti
menunjukkan indikasi hati-hati (warna kuning), sehingga harus mengurangi kecepatan dan siap untuk berhenti
menunjukkan indikasi aman (warna hijau)
Untuk menghindari bola lampu putus, biasanya digunakan dua pasang lampu atau setiap aspek dipasangi 2 lampu sedang perkembangan terakhir yang sudah mulai digunakan di Indonesia adalah penggunaan lampu LED

[sunting] Penggunaan jenis sinyal
Sedapat mungkin sinyal yang digunakan adalah sinyal listrik, namun jika anggaran masih terbatas digunakan pendekatan sebagai berikut:

jenis sinyal mekanik untuk frekuensi lalu-lintas rendah;
sinyal mekanik dengan blok elektro mekanik untuk frekuensi lalu-lintas sedang;
sinyal listrik untuk frekuensi lalu-lintas tinggi.

Wesel
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Wesel kananWesel adalah konstruksi rel kereta api yang bercabang (bersimpangan) tempat memindahkan jurusan jalan kereta api.

Wesel terdiri dari sepasang rel yang ujungnya diruncingkan sehingga dapat melancarkan perpindahan kereta api dari jalur yang satu ke jalur yang lain dengan menggeser bagian rel yang runcing.

Daftar isi [sembunyikan]
1 Cara kerja wesel
2 Keselamatan
2.1 Kecelakaan
2.2 Sabotase
3 Lihat pula
4 Pranala luar
5 Galery


[sunting] Cara kerja wesel

Animasi cara kerja wesel kereta apiKereta api berjalan mengikuti rel, sehingga kalau relnya digeser maka kereta api juga mengikutinya. Untuk memindahkan rel, digunakan wesel yang digerakkan secara manual ataupun dengan menggunakan motor listrik.

Pada kereta api kecepatan tinggi dibutuhkan transisi yang lebih panjang sehingga dibutuhkan pisau yang lebih panjang dari pada lintasan untuk kereta api kecepatan rendah.

[sunting] Keselamatan
[sunting] Kecelakaan
Wesel merupakan tempat rawan pada prasarana kereta api, karena sering terjadi kecelakaan dalam bentuk anjlokan, yang biasanya terjadi karena wesel tidak berfungsi dengan baik karena kehausan pisau wesel, motor penggerak wesel tidak bekerja sempurna ataupun terganjal oleh benda asing, disamping itu biasanya ada batas kecepatan untuk melalui wesel yang diabaikan oleh masinis.

[sunting] Sabotase
Wesel juga merupakan tempat yang mudah untuk disabotase karena dengan menempatkan batu atau benda logam tertentu diantara rel yang bergerak dapat mengakibatkan wesel tidak berfungsi. Oleh karena itu perlu diawasi secara reguler.

Petak jalan
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

tahap 1:dua kereta akan bersilangan
tahap 2:salah satu masuk siding, sedang kereta dari timur menunggu di sinyal masuk
tahap 3:persilangan terjadi, kereta dari barat ditahan di sinyal keluar dan kereta dari timur berjalanPetak Jalan' adalah bagian dari lintas kereta api antara as stasiun kereta api dengan as stasiun yang berdekatan atau berurutan yang dibagi lagi atas petak blok,, pembentukan petak diperlukan untuk mengendalikan operasi kereta api, khususnya di jalur tunggal, pada jalur ganda pengaturannya lebih untuk menjaga jarak aman antara kereta dengan kereta yang didepannya.

Daftar isi [sembunyikan]
1 Petak Blok
2 Petak jalan bebas
3 Lihat pula
4 Pranala luar


[sunting] Petak Blok
Petak Blok adalah bagian dari petak jalan yang dibatasi oleh sinyal keluar dengan sinyal masuk, atau sinyal masuk dengan sinyal keluar, atau sinyal keluar dengan sinyal blok, atau sinyal blok dengan sinyal blok, atau sinyal blok dengan sinyal masuk yang berurutan sesuai dengan arah perjalanan kereta api. Dua kereta api tidak diijinkan untuk berada dalam satu blok, untuk itu digunakan sinyal kereta api.

[sunting] Petak jalan bebas
Petak Jalan Bebas adalah bagian petak jalan antara dua sinyal masuk pada jalur tunggal atau antara sinyal keluar dengan sinyal masuk pada jalur ganda.

Perlintasan sebidang
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perlintasan tanpa pintu yang dilengkapi dengan isyarat lampu di Tyne dan Wear Metro, Inggris.Perlintasan sebidang adalah perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan. Isu yang menonjol pada perlintasan sebidang adalah tingginya angka kecelakaan lalu-lintas antara kendaraan dengan kereta api, terutama pada perlintasan yang tidak dijaga.

Daftar isi [sembunyikan]
1 Bentuk perlintasan sebidang
2 Keselamatan
2.1 Pintu kereta api
2.2 Rambu lalu lintas
2.3 Marja jalan
2.4 Isyarat lampu
2.5 Isyarat suara
3 Lihat pula
4 Pranala luar


[sunting] Bentuk perlintasan sebidang
Perlintasan sebidang dapat dikelompokkan atas:

Perlintasan sebidang dengan pintu
Perlintasan sebidang yang tidak dijaga.
[sunting] Keselamatan
Untuk meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang, perlintasan dilengkapi dengan:

[sunting] Pintu kereta api
Didaerah yang arus lalu lintas kereta api tinggi dan arus kendaraan tinggi perlintasan wajib dilengkapi dengan pintu perlintasan, baik dikendalikan oleh penjaga pintu perlintasan, ataupun otomatis.

[sunting] Rambu lalu lintas
Rambu peringatan perlintasan sebidang dengan kereta api
Rambu Peringatan jarak yang ditempatkan pada jarak 450 meter, 300 meter dan 150 m eter sebelum perlintasan
Rambu stop yang berarti dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintas arah lainnya
[sunting] Marja jalan
Marka lambang dan tulisan berupa silang dan hurup K dan A.
Pita penggaduh untuk mengingatkan pengemudi yang ngantuk.
[sunting] Isyarat lampu
Untuk mempertegas kereta api akan lewat, pada perlintasan sebidang dilengakapi dengan isyarat lampu merah sebanyak 2 buah yang hidup secara bergantian.

[sunting] Isyarat suara
Isyarat suara yang khas kereta api

Tidak ada komentar:

Posting Komentar